Insiden
• Insiden merupakan bagian dari kehidupan elektronik
• Tidak sengaja vs disengaja
• Sering terjadi pada waktu yang kurang “pas” (misal: admin sedang tidak ada, sedang ada deadline)
Contoh
• Wabah virus
• Spam mail, mailbomb
• Previlage attack, rootkit, intrusion
• DoS attack
• Harus dipikirkan skenario lain yang mungkin terjadi
• Definisi dari “incident”
Apakah yang berikut ini termasuk insiden?
• Ancaman (threat), hoax, virus
• computer intrusion, DoS attack, insider theft information, any unathorized or unlawful network-based activity
Definisi
• David Theunissen, “Corporate Incident Handling Guidelines”:
Incidents is “the act of violating or threatening to violate an explicit or implied security policy”
• Kevin Mandia & Chris Prosise, “Incident Response”:
“Incidents are events that interrupt normal operating procedure and precipitate some level of crisis”
Tujuan dari “Incident Handling”
• Memastikan bahwa insiden terjadi atau tidak terjadi
• Melakukan pengumpulan informasi yang akurat
• Melakukan pengambilan dan penanganan bukti-bukti
• Menjaga agar kegiatan berada dalam kerangka hukum (misalnya masalah privacy, legal action)
• Meminimalkan gangguan terhadap operasi bisnis dan jaringan
• Membuat laporan yang akurat berserta rekomendasinya
Metodologi
• From Kevin Mandia & Chris Prosise
“Incident Response”
• Pre-incident preparation
• Detection of incidents
• Initial response
• Response strategy formulation
• Duplication (forensic backups)
• Investigation
• Security measure implementation
• Network monitoring
• Recovery
• Follow-up
Permasalahan Incident Handling
Teknis
• Apa saja yang harus dilaporkan?
• Apakah ada informasi yang confidential?
(nomor IP, userid, password, data, files)
• Perlunya packet scrubbing?
• Terlalu sedikit/banyak data yang dilaporkan
• Ketersediaan trouble ticketing system, help desk (24 jam?)
• Data-data log sering tidak tersedia sehingga menyulitkan incident handling
Permasalahan Incident Handling 2
• Non-teknis
• Organisasi:
• Kemana (kepada siapa) harus melapor jika terjadi insiden? Perlunya “Incident Response Team” (IRT)
• Melapor ke organisasi yang lebih tinggi di luar institusi lokal? (misal ke ID-CERT, APSIRC, CERT)
Untuk keperluan statistik (ada wabah regional?)
• Hubungan dengan policy & procedures, SOP yang seringkali tidak dimiliki oleh institusi
• Ketersediaan SDM
• Kualifikasi apa yang dibutuhkan?
budi.paume.itb.ac.id/courses/ec5010/incident-handling.ppt
Apa yang dimaksud dengan "incident" dalam konteks keamanan elektronik, dan mengapa kejadian ini dianggap sebagai bagian dari kehidupan elektronik?
BalasHapusRegard Telkom University